Abstract:
Persaingan antara pelaku usaha yang semakin ketat, menuntut para pelaku usaha
untuk competitiveness dan memaksimalkan strategi pemasarannya supaya bisnis yang
dilakukan mencapai tujuannya dan menguatkan company brands di benak konsumen.
(Sutaminingsih, Muslichah, dan Fatah, 2018) menyimpulkan bahwa dalam
menghadapi persaingan yang ketat, merek yang kuat merupakan suatu pembeda yang
jelas, bernilai, dan berkesinambungan, menjadi ujung tombak bagi daya saing
perusahaan dan sangat membantu dalam strategi pemasaran. Maka semakin efektif
dan efisien competitiveness dan marketing strategy yang dilakukan maka semakin
meningkat pula company brands. Penelitian ini difokuskan pada The Influence Of
Competitiveness And Marketing Strategy On Company Brands (Studi Kasus Pada
UMKM Kota Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi:
Bagaimana pengaruh competitiveness terhadap company brand pada Asep Thai Tea
Kota Banjar?; Bagaimana pengaruh marketing strategy terhadap company brand
Asep Thai Tea Kota Banjar?; Bagaimana pengaruh competitiveness dan marketing
strategy terhadap company brand pada Asep Thai Tea Kota Banjar?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Untuk mengetahui
pengaruh competitiveness terhadap company brand pada Asep Thai Tea Kota Banjar;
Untuk mengetahui pengaruh marketing strategy terhadap company brand Asep Thai
Tea Kota Banjar; Untuk mengetahui pengaruh competitiveness dan marketing
strategy terhadap company brands pada Asep Thai Tea Kota Banjar. Metode yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jenis pendekatan
kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 4436 dan sampelnya sebanyak 44
orang konsumen. Sedangkan penggunaan analisis data yang digunakan adalah
analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi linear berganda, uji t dan uji f. Hasil
penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa competitiveness terhadap
company brands pada Asep Thai Tea Kota Banjar adalah sebesar 46,9% sementara
sisanya 53,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; marketing strategy
terhadap company brand pada Asep Thai Tea Kota Banjar adalah sebesar 40,2%
sementara sisanya 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti;
competitiveness dan marketing strategy terhadap company brands pada Asep Thai
Tea Kota Banjar adalah sebesar 49,4% sementara sisanya 50,6% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti. Diharapkan Asep Thai Tea Kota Banjar dapat
meningkatkan competitiveness dan marketing strategy sehingga akan lebih
meningkatkan company brands.