Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada
Hotel Priangan Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya fasilitas fisik dan
komitmen perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh
fasilitas fisik terhadap kepuasan komitmen, 2) Pengaruh komitmen
perusahaan terhadap kepuasan konsumen, 3) Pengaruh fasilitas fisik dan
komitmen perusahaan terhadap kepuasan konsumen di Hotel The
Priangan Ciamis. Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif verifikatif
dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis koefisien
korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear
Sederhana dan Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil penelitian
menunjukan bahwa: 1) Fasilitas fisik pada Hotel The Priangan Ciamis termasuk
dalam kategori baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas fisik terhadap kepuasan
konsumen, 2) Komitmen perusahaan pada Hotel The Priangan Ciamis termasuk
dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen perusahaan terhadap
kepuasan konsumen, 3) Kepuasan konsumen pada Hotel The Priangan Ciamis
termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis
diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas fisik dan
komitmen perusahaan terhadap kepuasan konsumen. Artinya jika fasilitas fisik
sudah baik dan komitmen perusahaan sudah tinggi maka kepuasan konsumen
akan meningkat.