Abstract:
Tingkat persaingan antara industri-industri bisnis semakin tinggi, setiap
perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produksi maupun manajemen
pemasaran dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu
upaya untuk meningkatkan volume penjualan adalah dengan dilakukannya strategi
personal selling dan sales promotion. Tetapi dalam kenyataanya strategi personal
selling ini membutuhkan lebih banyak tenaga penjualan yang mana akan
memberikan beban ongkos yang semakin besar apabila penggunaanya sangat luas,
dan sulit sekali untuk memperoleh tenaga penjualan yang benar-benar berkualitas.
Dan juga dalam banyak kasus, sales promotion terutama periklanan selalu
menghabiskan anggaran dana yang cukup besar. Penelitian ini difokuskan pada
Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion dalam meningkatkan Volume
Penjualan (Suatu Studi pada Konsumen Whitelab di Toko Moochi.id cabang
Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana
pengaruh personal selling dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko
Moochi.id cabang Ciamis?; Bagaimana pengaruh sales promotion dalam
meningkatkan volume penjualan pada Toko Moochi.id cabang Ciamis?;
Bagaimana pengaruh personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan
volume penjualan pada Toko Moochi.id cabang Ciamis?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh personal
selling dalam meningkatkan volume penjualan pada konsumen whitelab di Toko
Moochi.id cabang Ciamis; Pengaruh sales promotion dalam meningkatkan
volume penjualan pada konsumen whitelab di Toko Moochi.id cabang Ciamis;
Pengaruh personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan volume
penjualan pada konsumen whitelab di Toko Moochi.id cabang Ciamis. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jenis
pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 378 dan
sampelnya sebanyak 95 orang konsumen. Sedangkan penggunaan analisis data
yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi linear
berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa
Personal Selling dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Moochi.id
cabang Ciamis adalah sebesar 41,73% sementara 58,27% sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti; Sales Promotion dalam meningkatkan volume
penjualan pada Toko Moochi.id cabang Ciamis adalah sebesar 49,16% sementara
50,84% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; Personal Selling
dan Sales Promotion dalam meningkatkan Volume Penjualan pada Toko
Moochi.id cabang Ciamis adalah sebesar 53,20% sementara 46,80% sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Diharapkan Toko Moochi.id
Cabang Ciamis meningkatkan strategi personal selling dan sales promotion
sehingga akan lebih meningkatkan volume penjualan.