Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Unique Selling Propostion terhadap Citra
Merek pada UMKM Sari Murni Olapis. Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian meliputi: 1] Bagaimana unique selling propostion pada UMKM Sari
Murni Olapis 2] Bagaimana citra merek pada UMKM Sari Murni Olapis 3]
Bagaiman pengaruh unique selling propostion terhadap citra merek pada UMKM
Sari Murni Olapis. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan
menganalisis 1] pengaruh unique selling propostion pada UMKM Sari Murni
Olapis 2] untuk mengetahui citra merek pada UMKM Sari Murni Olapis 3] untuk
mengetahui pengaruh unique selling propostion terhadap citra merek pada
UMKM Sari Murni Olapis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Regresi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana,
Analisis Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan
(Uji t).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa unique selling
propostion berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dengan hasil
korelasi sebesar 0,533 dimana berdasarkan pedoman interprestasi koefisien
korelasi termasuk dalam hubungan yang sedang dan berdasarkan hasil koefisien
determinasi diperoleh angka sebesar 28,41 % hal ini menunjukan bahwa
pengaruh unique selling propostion terhadap citra merek sebesar 28,41 % dan
sisanya 71,59 % dipengaruhi faktor atau variabel lain. Kemudian hasil uji t atau t
hitung diperoleh 5,739dimana menunjuan bahwa t hitung > t tabel (5,739 > 1,66342) yang
artinya bahwa secara parsial unique selling propostion berpengaruh terhadap citra
merek. Diharapkan UMKM Sari Murni Olapis dapat mempertahankan
distictiveness (ciri khas) dan affinity (afinitas ) sehingga akan meningkatkan citra
merek perusahaannya.