Abstract:
Ketatnya persaingan didalam dunia bisnis saat ini menjadi pemicu utama bagi
manajemen perusahaan untuk menampilkan kinerja terbaik perusahaannya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Firm Size dan Profitabilitas
berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data
penelitian, digunakan Analisis Koefisien Korelasi Product Moment dan Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Regresi Berganda, Koefisien
Determinasi, Uji Hipotesis secara parsial (Uji T) dan secara bersama sama (Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa firm size dan
profitabilitas memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dengan nilai perusahaan
PT. Astra Internasional Tbk yaitu sebesar 0,823. Sedangkan pengharuhnya sebesar
67% sementara 33% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji
hipotesisi secara bersama-sama (Uji F) pengaruh firm size dan profitabilitas terhadap
nilai perusahaan diketahui bahwa F hitung 7,341>F tabel 4,74 dan hipotesis diterima, maka
terdapat firm size dan profitabilitas yang positif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan. Diharapkan PT. Astra Internasional Tbk dapat mempertahankan kinerja
perusahaan serta karena firm size mempunyai pengaruh yang dominan dalam
mempengaruhi investor untuk melakukan penilaian perusahaan, serta perusahaan
perlu meningkatkan profitabilitas.