dc.description.abstract |
Keputusan konsumen yang dilakukan dalam perdagangan adalah keputusan
seseorang untuk membeli produk yang dijual ditoko tersebut atau tidak Namun
demikian berdasarkan hasil observasi awal permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini beberapa konsumen beberapa faktor hambatan konsumen dalam
memilih dan melakukan pembelian susu UHT Ultramilk di Toserba Gunasalma
seperti harga yang tinggi dari pada produk teh berkemasan lain, ketersediaan
produk yang sedikit dan kurangnya informasi serta komunikasi positif dalam
lingkungan. Hal tersebut diperukuat rekapitulasi penjualan susu UHT Ultramilk di
Toserba Gunasalma pada bulan Januari-Desember 2021 yang fluktuatif. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: bagaimana pengaruh green
produck terhadap keputusan pembelian Susu UHT UltraMilk di Toserba
Gunasalma Kawali; bagaimana pengaruh green marketing terhadap keputusan
pembelian Susu UHT UltraMilk di Toserba Gunasalma Kawali; bagaimana
pengaruh green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian Susu
UHT UltraMilk di Toserba Gunasalma Kawali. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh Green Product dan Green Marketing
Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Ultra Milk Toserba Gunasalma
Kawali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey
dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data
yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien
Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis
menggunakan Uji F. Dengan uji statistik regresi linier berganda memperoleh hasil
Y = 17,239+ 0,191X 1 + 0,364 X 2. Kemudian untuk analisis koefisien korelasi
berganda diperoleh angka sebesar 0,633 dimana berdasarkan pedoman interpretasi
koefisien korelasi termasuk ke dalam hubungan yang kuat antara Green Product
dan Green Marketing terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien
determinasi diperoleh angka sebesar 40,1% dan sisanya 59,9% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak penulis teliti. Dan yang terakhir berdasarkan uji f f hitung
diperoleh 54,681 dan f tabel diperoleh 2,37 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa
f hitung > f tabel (54,681>2,37) maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh
secara simultan pada Green Product dan Green Marketing terhadap keputusan
pembelian. Diharapkan Toserba Gunasalma Kawali dapat memperhatikan green
product dan meningkatkan green marketing sehingga akan berpengaruh terhadap
meningkatnya jumlah pembeli. |
en_US |