Abstract:
Keinginan wanita untuk tampil cantik membuat para pelaku usaha memanfaatkan
keadaan tersebut namun ada beberapa pelaku usaha yang tidak bertanggung
jawab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana pengaruh
keunggulan/kesukaan merek terhadap citra merek pada Wardah di Toserba
Gunasalma Kawali?; Bagaimana pengaruh keunikan merek terhadap citra merek
Pada Wardah di Toserba Gunasalma Kawali?; Bagaimana pengaruh
keunggulan/kesukaan merek dan keunikan merek terhadap citra merek di Toserba
Gunasalma Kawali?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah
Brand Favorability dan Brand Uniquiness berpengaruh terhadap Citra Merek.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yang bersipat deskriptif
dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
1.262 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak orrang. Sedangkan untuk
mengalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana,
analisis koefisien determinasi, uji t, analisis koefisien korelasi berganda, dan uji F.
Adapun hasil dari analisi koefisien korelasi berganda yaitu sebesar 0,930.
Berdasarkan tabel angka 0,930 berada antara 0,80-1000 yang artinya sangat kuat.
Maka dapat disimpulkan bahwa Brand Favorability dan Brand Uniquiness
memiliki korelasi terhadap Citra Merek dengan Sangat Kuat. Saran dari peneliti
dalam penelitian ini yaitu : Untuk meningkatkan Brand Favorability, pihak
perusahaan harus lebih memperhatikan dari aspek kepercayaan Caranya dengan
tetap konsisten dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh produk
kosmetik wardah; Untuk meningkatkan Brand Uniquiness, sebaiknya perusahaan
harus meningkatkan keunikan pada merek wardah dibandingkan dengan merek
lain Caranya produk kosmetik Wardah harus tetap berinovasi dalam mencipkan
produk-produk kosmetik serta mempertahankan keunikan yang dimiliki oleh
produk kosmetik Wardah; Untuk meningkatkan citra merek, sebaiknya
perusahaan harus meningkatkan keuntungan konsumen (consumer benefits)
Caranya bahwa keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh produk kosmetik
Wardah harus tetap dipertahankan agar konsumen tetap percaya dan yakin bahwa
pilihannya untuk menggunakan produk kosmetik Wardah adalah pilihan terbaik
dan tepat dengan mempertahankan kualitas yang dimiliki produk kosmetik
Wardah.