Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Jasa
Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi Komparatif
Pada Konsumen Pengguna Layanan Jasa PT. Pos Dengan PT. Jne Di Kecamatan
Rancah). Tujuan penelitian ini adalah 1.] Untuk mengetahui seberapa besar
tingkat kualitas pelayanan jasa pengiriman barang terhadap kepuasan konsumen
pada PT. Pos Indonesia di Rancah, 2.] Untuk mengetahui seberapa besar tingkat
kualitas pelayanan jasa pengiriman barang terhadap kepuasan konsumen pada PT.
JNE di Rancah, 3.] Untuk mengetahui perbandingan kualitas pelayanan jasa
pengiriman barang terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia dan PT.
JNE di Rancah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif analisis
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis koefisien korelasi
sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linier sederhana, analisis
koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji f dan uji chi square. Hasil
dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa perbandingan kualitas
pelayanan jasa pengiriman barang di berpengaruh pada PT. Pos Indonesia sebesar
56,95% terhadap kepuasan konsumen sedangkan pada PT. JNE sebesar 67,22%
terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari uji chi square menunjukan bahwa
prebandingan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang terhadap kepuasan
konsumen sebesar 0,0025.