| dc.contributor.author | ANUGRAH, WIDI | |
| dc.contributor.author | Nuraida, Ida | |
| dc.contributor.author | Effendi, Adang | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-12T03:27:59Z | |
| dc.date.available | 2022-08-12T03:27:59Z | |
| dc.date.issued | 2021-09-10 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1632 | |
| dc.description.abstract | Pasca pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah menghasilkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring (online) baik tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Dalam pembalajaran daring (online), kreatifitas memiliki peran yang sangat penting. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mempermudah pembelajaran daring (online) adalah Google Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran daring berbantuan media Google Classroom dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design, dengan bentuk the non-equivalent pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan uji parametrik t-test dan non-parametrik Mann-Whitney U. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cisompet tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang akan menerapkan pembelajaran daring berbantuan media Google Classroom dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang akan diberi penerapan pembelajaran langsung. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel secara keseluruhan ada 66 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran daring berbantuan media Google Classroom dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS | en_US |
| dc.subject | Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Daring | en_US |
| dc.title | PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA | en_US |
| dc.type | Article | en_US |