Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang)

Show simple item record

dc.contributor.author SOFIA AYU LESTARI, LINATUS
dc.contributor.author Kustiawan, Awang
dc.contributor.author Ilmiyati, Nur
dc.date.accessioned 2022-08-12T03:14:23Z
dc.date.available 2022-08-12T03:14:23Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1626
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring terhadap hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian atau rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian quasi eksperimen yaitu rancangan one group pretest posttet (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari butir soal pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan. Tes ini diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 item soal dengan indikator Taksonomi Bloom revisi. Hasil uji reliabilitas soal pretest dan posttest menunjukkan nilai Alpha Cronbach = 0,88 yang termasuk dalam kategori reliabilitas sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas menunjukan data berdistribusi tidak normal yang dibuktikan dengan nilai χ² Hitung > χ² table yaitu 102,26 > 7,81. Dari data uji hipotesis dengan menggunakan uji median di peroleh Whitung 163 dan Wtabel 116,94, sehingga Whitung>Wtabel artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS en_US
dc.subject Hasil Belajar, Kognitif, Student Team Achievement Division en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account