| dc.contributor.author | SOFIA AYU LESTARI, LINATUS | |
| dc.contributor.author | Kustiawan, Awang | |
| dc.contributor.author | Ilmiyati, Nur | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-12T03:14:23Z | |
| dc.date.available | 2022-08-12T03:14:23Z | |
| dc.date.issued | 2021-08 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1626 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring terhadap hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian atau rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian quasi eksperimen yaitu rancangan one group pretest posttet (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari butir soal pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan. Tes ini diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 item soal dengan indikator Taksonomi Bloom revisi. Hasil uji reliabilitas soal pretest dan posttest menunjukkan nilai Alpha Cronbach = 0,88 yang termasuk dalam kategori reliabilitas sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas menunjukan data berdistribusi tidak normal yang dibuktikan dengan nilai χ² Hitung > χ² table yaitu 102,26 > 7,81. Dari data uji hipotesis dengan menggunakan uji median di peroleh Whitung 163 dan Wtabel 116,94, sehingga Whitung>Wtabel artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar, Kognitif, Student Team Achievement Division | en_US |
| dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang) | en_US |
| dc.type | Article | en_US |