Unigal Repository

PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK

Show simple item record

dc.contributor.author SITI FAZRIAH, RIZKA
dc.contributor.author Toto, T
dc.contributor.author Nuraida, Ida
dc.date.accessioned 2022-08-10T03:03:00Z
dc.date.available 2022-08-10T03:03:00Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1595
dc.description.abstract Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perulu mengupayakan dengan menerapkan pembelajaran yang dapat memberikan peluang dan mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran kelompok, dan melatih dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan penelitian sebelumnya, diprediksi bahwa pembelajaran dengan model Group Investigation dengan strategi Scaffolding dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan Strategi Scaffolding. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuasi eksperiment dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran (Pretest dan Postest). Data analisis menggunakan Uji N-Gain, Uji Prasyarat dan Uji t’. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X AKL di SMK PGRI Cikoneng tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah X AKL 2 sebagai kelas konvensional dan kelas AKL 1 Sebagai kelas Group Investigation dengan scaffolding. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan literasi matematis siswa SMK. Pokok pembahasan yang digunakan adalah materi mengenai matriks. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMK dengan model group investigation dengan scaffolding. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS en_US
dc.subject Model Group Investigation, Strategi Scaffolding, Kemampuan Literasi Matematis en_US
dc.title PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account