Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kelincahan melalui
permainan gobag sodor dengan bebentengan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ciamis.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan secara
signifikan antara permainan gobag sodor dengan bebentengan terhadap peningkatan
kelincahan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design yang hanya
meliputi satu kelompok atau kelas yang diberikan pra dan pasca uji. Desain penelitian
ini menggunakan metode pretest dan posttest control group design. Lokasi yang
digunakan pada penelitian ini yaitu di halaman salah satu murid SD Negeri 3 Ciamis
dikarenakan pembelajaran masih daring. Penulis mengunakan 10 siswa putra untuk
kelompok gobag sodor dan 10 orang siswa putri untuk kelompok bebentengan.
Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah lari shuttle run 4 x 10
meter. Hasil penilitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan permainan gobag
sodor terhadap peningkatan kelincahan dengan nilai t hitung sebesar 4.731 > 2.163 t
tabel dan besar nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh yang signifikan permainan
bebentengan terhadap peningkatan kelincahan dengan nilai t hitung sebesar 5.324 >
3.621 t tabel dan besar nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ada perbedaan yang signifikan
antara permainan gobag sodor dengan bebentengan terhadap peningkatan kelincahan
dengan nilai rata-rata hasil test untuk kelompok gobag sodor adalah 23.188 dan
kelompok bebentengan adalah 24.853.