Unigal Repository

PENGARUH METODE MENGAJAR EKSPLORASI DENGAN METODE MENGAJAR EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGAN PENALTI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Show simple item record

dc.contributor.author THOLIP RAMADANI, PANCA
dc.contributor.author Rohendi, Andang
dc.contributor.author Iman Suhendra, Dede
dc.date.accessioned 2022-08-09T07:17:30Z
dc.date.available 2022-08-09T07:17:30Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1576
dc.description.abstract PANCA THOLIP RAMADANI (2124160033). Skripsi ini berjudul: “Pengaruh Metode Mengajar Eksplorasi Dengan Metode Mengajar Examples Non Examples Terhadap Keterampilan Tendangan Penalti Dalam Permainan Sepak Bola“. Selama penyusunan skripsi ini, penulis di bawah bimbingan Bapak Andang Rohendi, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Dede Iman Suhendra, M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitan ini berjudul.” Pengaruh Metode Mengajar Eksplorasi Dengan Metode Mengajar Examples Non Examples Terhadap Keterampilan Tendangan Penalti Dalam Permainan Sepak Bola.”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari kedua bentuk pembelajaran dengan menggunakan dua metode mengajar, Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya atau true eksperiment. Sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 1 Kampung Laut yang berjumlah 30 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling, Sedangkan untuk pembagian kelompok menggunakan teknik matching paired. Penelitian dilaksanakan selama enam minggu dengan latihan sebanyak 16 kali dan dua kali pertemuan untuk melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan tendangan penalti. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode mengajar eksplorasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil keterampilan tendangan penalti dengan dibuktikan oleh hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 9.34 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan taraf signifakansi α = 0.05, demikian juga dengan metode mengajar examples non examples berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan tendangan penalti dengan dibuktikan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 10.77 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan tarf signifikansi α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara metode mengajar eksplorasi dengan metode mengajar examples non examples, dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode mengajar eksplorasi lebih berpengaruh secara signifikan terhadap hasil keterampilan tendangan penalti dalam permainan sepak bola pada siswa ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kampung Laut. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 1.02 dengan ttabel 2.05, dk = ( n1 + n2 – 2 ) dan taraf signifikansi α = 0.05. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH METODE MENGAJAR EKSPLORASI DENGAN METODE MENGAJAR EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGAN PENALTI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account