Unigal Repository

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TAKTIS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

Show simple item record

dc.contributor.author ADAM FAUZI, MUHAMMAD
dc.contributor.author Iman Suhendra, Dede
dc.contributor.author Rustiawan, Hendra
dc.date.accessioned 2022-08-09T06:51:05Z
dc.date.available 2022-08-09T06:51:05Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1565
dc.description.abstract MUHAMMAD ADAM FAUZI (2124170057). Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Taktis Dengan Pendekatan Pembelajaran Drill Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli”. Selama Penyusunan skripsi ini, penulis di bawah bimbingan Bapak Dr. Dede Iman Suhendra, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Hendra Rustiawan, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari kedua bentuk pembelajaran dengan menggunakan dua pendekatan pembelajaran berbeda, Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya atau true eksperiment. Sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah seluruh Ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 1 Bantarkawung yang berjumlah 30 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling, Sedangkan untuk pembagian kelompok menggunakan teknik matching paired. Penelitian dilaksanakan selama enam minggu dengan latihan sebanyak 16 kali pertemuan dan dua kali pertemuan untuk melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan passing bawah. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa latihan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran taktis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil keterampilan passing bawah dengan dibuktikan oleh hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 4335 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = (n-1) dan taraf signifakansi α = 0.05, demikian juga dengan pendekatan pembelajaran drill berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan passing bawah dengan dibuktikan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 2.925 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan tarf signifikansi α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan pembelajaran taktis dengan pendekatan pembelajaran drill, dengan demikian latihan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran taktis lebih berpengaruh secara signifikan terhadap hasil keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 4.51 dengan ttabel 2.05, dk=(n1+n2–2) dan taraf signifikansi α = 0.05. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TAKTIS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account