dc.description.abstract |
ABSTRAK
DIAN YULIANA. (2118170059). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Bangun Ruang Berdasarkan
Tingkat Berfikir Van Hiele.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dalam materi bangun ruang berdasarkan tingkat berfikir van hiele.
di SMP Negeri 1 Atap Satu Cimanggu kelas VIII, Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa 1) siswa level 0 ( visualisasi) dalam memecahkan masalah
sesuai tahap polya pada tahap 1, yang berarti tidak mampu memahami masalah,
merencanakan masalah,menyelesaikan masalah sesuai rencana dan memeriksa
kembali. 2) siswa level 1 ( analisis) dalam memecahkan masalah pada tahap 3,
yang berarti siswa sudah mampu memahami masalah dan merencanakan masalah,
akan tetapi belum menyelesaikan masalah sesuai rencana dan memeriksa kembali.
3) siswa level 2 (deduksi informal) dalam memecahkan masalah sesuai tahap polya
pada tahap 4 yang berarti siswa mampu memahami masalah, merencanakan
masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan mampu memeriksa kembali.
Kata kunci : pemecahan masalah matematis, teori van hiele, bangun ruang |
en_US |