Abstract:
M. Khoerul Umam. (2118170005). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Hand On Problem Solving (HOPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang masih rendah pada sekolah menengah. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa peneliti menggunakan model pembelajaran Hand On Problem Solving ( HOPS ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Hand On Problem Solving (HOPS) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung/ konvensional. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasy eksperiment dengan bentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Miftahul Ihsan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen test yaitu test kemampuan berpikir kritis matematis dan instrumen non-test yaitu lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest serta teknik lembar observasi. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi adalah Teorema Pythagoras. Teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain dan uji parametrik yaitu uji t, serta uji non-parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Hand On Problem Solving ( HOPS ) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis matematis, model pembelajaran Hand On Problem Solving (HOPS),