Unigal Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN KOMANDO DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKLUSI TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Show simple item record

dc.contributor.author CAHAYA PURNAMA, ANGRA
dc.contributor.author Rohendi, Andang
dc.contributor.author Sugiawardana, Ruli
dc.date.accessioned 2022-08-09T03:54:51Z
dc.date.available 2022-08-09T03:54:51Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1530
dc.description.abstract ANGRA CAHAYA PURNAMA (2124160128). Skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Komando Dengan Metode Pembelajaran Inklusi Terhadap Kemampuan Dribble Dalam Permainan Bola Basket”. Selama Penyusunan skripsi ini, penulis di bawah bimbingan Bapak Andang Rohendi, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Ruli Sugiawardana, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari kedua bentuk pembelajaran dengan menggunakan dua metode pembelajaran berbeda, Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya atau true eksperiment. Sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket di SMK Negeri 2 Ciamis yang berjumlah 30 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling, Sedangkan untuk pembagian kelompok menggunakan teknik matching paired. Penelitian dilaksanakan selama tujuh minggu dengan latihan sebanyak 16 kali dan dua kali pertemuan untuk melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan dribble. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa latihan dengan menggunakan metode pembelajaran komando berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kemampuan dribble dengan dibuktikan oleh hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 10 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan taraf signifakansi α = 0.05, demikian juga dengan metode pembelajaran inklusi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dribble dengan dibuktikan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 9.5 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan tarf signifikansi α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran komando dengan metode pembelajaran inklusi, dengan demikian latihan dengan menggunakan metode pembelajaran komando lebih berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kemampuan dribble dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Ciamis. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 0.2 dengan ttabel 2.05, dk=(n1+n2–2) dan taraf signifikansi α = 0.05. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN KOMANDO DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKLUSI TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account