Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Angga
dc.contributor.author Maryati, Sri
dc.contributor.author Iman Suhendra, Dede
dc.date.accessioned 2022-08-09T03:50:36Z
dc.date.available 2022-08-09T03:50:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1529
dc.description.abstract ANGGA PRATAMA (2124160080). Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Penguasaan Teknik Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola.” Di bawah bimbingan Ibu Sri Maryati., S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Dede Iman Suhendra, M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari kedua bentuk model pembelajaran yaitu model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan dribbling. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang ingin mengetahui pengaruh sebab akibat variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan B SMA N 1 Kawali sebanyak 40 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan sampel acak (professional random sampling). Penelitian dilaksanakan selama delapan minggu dengan latihan sebanyak 18 kali sudah termasuk dengan melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dribbling dalam permainan sepak bola yang merujuk kepada Nurhasan. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dribbling dengan dibuktikan oleh hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 6.64 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan taraf signifakansi α = 0.05, demikian juga dengan model pembelajaran konvensional berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dribbling bola dengan dibuktikan hasil penghitungan statistik yaitu thitung sebesar 11.12 dengan ttabel sebesar 2.15, dk = ( n-1 ) dan tarf signifikansi α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepak bola. Karena hasil akhir dinyatakan t-hitungnya 0.06 lebih kecil dari pada tabel 2.05. dan taraf signifikansi α = 0.05. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account