dc.description.abstract |
VINA NURYANI (2118170025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa SMP pada Pokok Bahasan Segiempat.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP pada pokok bahasan segiempat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelititan
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri
daerah Pangandaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi
tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi terkait kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa berdasarkan lagkah Polya. Data dianalisis berdasarkan indikator
dari pemecahan masalah matematis siswa yaitu memahami masalah, membuat
rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali hasil yang diperoleh. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa 1) subjek dalam kemampuan memahami masalah
masih belum semuanya memahami tentang masalah, berada pada kriteria sedang. 2)
subjek dalam kemampuan membuat rencana ada yang sudah membuat dengan baik
ada juga yang masih salah dalam merencanakan apa yang harus dilakukan, berada
pada kriteria rendah. 3) subjek dalam kemampuan melaksanakan rencana masih ada
yang keliru dalam melakukan perhitungan dan ada juga yang sudah benar dalam
melakukan perhitungan, berada pada kriteria sedang. 4) subjek dalam kemampuan
melihat kembali hasil yang diperoleh masih ada yang mengabaikan langkah ini ada
juga yang memeriksa kembali hasil yang diperoleh, berada pada kriteria rendah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Segiempat |
en_US |