Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPORT EDUCATION MODEL (SEM)TERHADAP JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR (JWAB) DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS

Show simple item record

dc.contributor.author Sutisna, Nana
dc.contributor.author Risma
dc.contributor.author JAKI RAMDANI, FIKRI
dc.date.accessioned 2022-08-08T07:02:52Z
dc.date.available 2022-08-08T07:02:52Z
dc.date.issued 2021-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1512
dc.description.abstract Fikri Jaki Ramdani. NIM. 2124170170. Pengaruh Model Pembelajaran Sport Education Model (SEM) terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) dalam Efektivitas Pembelajaran Penjas. Bimbingan dilaksanakan di bawah bimbingan Bapak Dr. Nana Sutisna, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Ibu Risma M.Si, M.Pd. selaku Pembimbing II. Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di Sekolah. Proses pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Penjas, penulis masih melihat terdapat kurang optimalnya dalam waktu aktif belajar (WAB). Salah satu upaya untuk meningkatan kelemahan tersebut adalah dalam penggunaan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelemahan-kelemahan yang selama ini terjadi dalam proses KBM Penjas. Model pemmbelajaran Sport Education Model dapat dijadikan salah satu alternati, dan menjadi sorotan penulis dalam penelitian. Berdasarkan pada hal tersebut, maka penulis mengangkat judul Pengaruh Model Pembelajaran Sport Education (SEM) terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) dalam Efektivitas Pembelajaran Penjas. Metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian Pre-Experimental Design dengan model one shot case study, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jumlah 15 orang siswa kelas X MA AL-HASAN tahun ajaran 2020-2021. Data mentah yang diperoleh oleh penulis, selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan SPSS, kemudian didapat hasilnya menunjukan data signikansi (sig) 0,809 > 0,05 menyatakan data berdistribusi normal. Hal tersebut mengandung arti bahwa terdapat pengaruh yang sinifikan penggunaan model SEM terhadap peningkatan JWAB dalam efektivitas pembelajaran Penjas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPORT EDUCATION MODEL (SEM)TERHADAP JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR (JWAB) DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account