Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Badan Usaha di Kelas X SMA Negeri 1 Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Sindy, Ine
dc.contributor.author Patonah, Rita
dc.contributor.author Aryansyah, Firman
dc.date.accessioned 2022-08-06T06:45:15Z
dc.date.available 2022-08-06T06:45:15Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1467
dc.description.abstract Ine Sindy (2107160006) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Badan Usaha di Kelas X SMA Negeri 1 Ciamis)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. dan Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd. Rendahnya hasil belajar merupakan permasalahan yang sangat krusial dalam pembelajaran, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya kurangnya keaktifan peserta didik karena penggunaan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model Pembelajaran broblem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design dan analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest) . Kata Kunci : problem based learning, discovery, hasil belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject problem based learning, discovery, hasil belajar. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Badan Usaha di Kelas X SMA Negeri 1 Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account