Unigal Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA AL-AMIN PULOERANG CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia)

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Sri
dc.contributor.author Dedeh
dc.contributor.author Suwirta, Utti
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:59:21Z
dc.date.available 2022-08-06T04:59:21Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1457
dc.description.abstract Sri Lestari (2107170047) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MA Al-Amin Puloerang Ciamis (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia) penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu Dedeh S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan ibu Hj. Utti Suwirta, Dra., M.Pd sebagai pembimbing II. Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan guru dan peserta didik. Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah studi quasi eksperimen. Eksperimen ini akan dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda penerapan model pembelajarannya. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS 1 dan X IPS 2 MA Al-Amin Puloerang yang berjumlah 42 peserta didik, Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus kolerasi produk moment, uji hipotesis digunakan rumus uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis dinyatakan perhitungan pretest dan posttest kelas eksperimen thitung = 8,8305 dan ttabel = 1,6788 sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil perhitungan penelitian dalam uji hipotesis dinyatakan pretest dan posttest kelas kontrol thitung = 4,5906 dan ttabel =1,6954 sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan penelitian dalam uji hipotesis dinyatakan posttest thitung = 4,749 dan ttabel =1,684 sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject odel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA AL-AMIN PULOERANG CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account