Unigal Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B SMP Plus Al-Mubarok Salopa Kabupaten Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Mubarok, Soleh
dc.contributor.author Juandi, Juju
dc.contributor.author Noviadi, Andri
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:46:43Z
dc.date.available 2022-08-06T04:46:43Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1454
dc.description.abstract Skripsi berjudul “PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII B SMP Plus Al-Mubarok Salopa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019-2020)”. Penelitian ini bertolak dari kemampuan membaca teks nonfiksi pada siswa kelas VII B SMP Plus Al-Mubarok Salopa masih rendah. Upaya meningkatkan kemampuan tersebut, maka digunakan strategi pembelajaran reading guide. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran reading guide dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca teks nonfiksi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa membaca membaca teks nonfiksi setelah digunakan strategi pembelajaran reading guide. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri 22 siswa. Langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran reading guide dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca teks nonfiksi diawali dengan kegiatan awal yang dialokasikan 10 menit. Siswa merespon salam pertanyaan guru. Siswa menerima informasi tujuan dan manfaat pembelajaran. Siswa menyimak materi membaca teks nonfiksi disertai penjelasan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Tahap berikutnya kegiatan inti yang dialokasikan selama 60 menit. Tahap pertama siswa membaca intensif teks nonfiksi yang telah disertai kisi-kisi oleh guru. Di dalam kelompok siswa saling tanya terkait pengisian kisi-kisi dari teks nonfiksi. Berikutnya siswa berdiskusi untuk menentukan jawaban berdasarkan kisi-kisi dan pertanyaan yang telah ditentukan. Siswa menyajikan komentar atas jawaban yang telah ditemukan dari bantuan kisi-kisi teks fiksi. Sebelum memublikasikan komentar, siswa menyunting komentar yang dijadikan jawaban. Siswa memublikasikan komentar terhadap teks nonfiksi yang dibaca. Pada kegiatan akhir dialokasikan selama 10 menit. Siswa memperoleh kesimpulan dan umpan balik dari guru terkait teks nonfiksi. Kemampuan Membaca teks nonfiksi setelah digunakan strategi pembelajaran Reading guide meningkat. Hai ini dibuktikan pada siklus ke-1 nilai hasil belajar siswa kelas VII B SMP Plus Al-Mubarok salopa mencapai rata-rata nilai 73,63 atau dengan kriteria keberhasilan 59,09% dari 22 siswa 13 siswa yang mencapai KKM. Pada Siklus ke-2, rata-rata nilai mendapat nilai 88,63 atau dengan kriteria keberhasilan 100% atau 22 siswa sudah menuntaskan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil belajar dari siklus ke-1 ke siklus ke-2 mengalami peningkatan sebesar 15. Kata kunci: Membaca teks nonfiksi, strategi pembelajaran reading guide en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Membaca teks nonfiksi, strategi pembelajaran reading guide en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B SMP Plus Al-Mubarok Salopa Kabupaten Tasikmalaya) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account