Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 PAMARICAN (Studi Eksperimen di Kelas X IPS pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian di Indonesia)

Show simple item record

dc.contributor.author Tri Ayuni, Risna
dc.contributor.author Ilah
dc.contributor.author Ruhyanto, Ahyo
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:29:54Z
dc.date.available 2022-08-06T04:29:54Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1447
dc.description.abstract Rizna Tri Ayuni (2107170018), 2021 “Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Pamarican (Studi Eksperimen di Kelas X IPS pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian di Indonesia)”. Dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Bapak H.Ahyo Ruhyanto, Drs.,M.Pd sebagai pembimbing 2. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa factor diantaranya kondisi peserta didik dan faktor pendidik pada umumnya sibuk dalam segala administrasi sehingga pendidik lebih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional yang lebih banyak mengandalkan ceramah, maka akan membuat peserta didik cenderung pasif, mudah jenuh, dan informasi tertangkap oleh peserta didik tidak sesuai dan tidak memecahkan masalah tentang materi pembelajaran. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Non-equivalent Conrol Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci: Metode Pembelajaran Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic, Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic, Hasil Belajar. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 PAMARICAN (Studi Eksperimen di Kelas X IPS pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian di Indonesia) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account