dc.description.abstract |
Resta Herlianita (2107170062) “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang
Menggunakan Model Quantum Learning dengan Model Snowball Throwing
(Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Siklus Akuntansi Di Kelas X
Akuntansi Dasar)” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Firman
Aryansyah S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Nur Rizqi Arifin S.Pd.,
M.Pd Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa
merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah
satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk
segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil
belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model
pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar
peserta didik dengan menggunakan model quantum learning pada pengukuran
awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Peningkatan hasil belajar peserta
didik dengan menggunakan model snowball throwing pada pengukuran awal
(pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Perbedaan hasil belajar peserta didik
dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan hasil
belajar peserta didk yang menggunakan model snowball throwing pada
pengukuraan awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian
yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control
Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test,
metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi
dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus uji f dan N-Gain. Populasi terdiri dari 41 orang siswa kelas
X Akuntansi Dasar dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan memperoleh
peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu
sebesar 0.77, dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran quantum
learning dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan)
dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.66 pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di
SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Learning dan Snowball Throwing,
Hasil Belajar. |
en_US |