Unigal Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Memahami Siklus Akuntansi di Kelas X Akuntansi Dasar SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari)

Show simple item record

dc.contributor.author Herlianita, Resta
dc.contributor.author Aryansyah, Firman
dc.contributor.author Rizqi Arifin, Nur
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:23:58Z
dc.date.available 2022-08-06T04:23:58Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1446
dc.description.abstract Resta Herlianita (2107170062) “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Quantum Learning dengan Model Snowball Throwing (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Siklus Akuntansi Di Kelas X Akuntansi Dasar)” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Firman Aryansyah S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Nur Rizqi Arifin S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model quantum learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model snowball throwing pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan hasil belajar peserta didk yang menggunakan model snowball throwing pada pengukuraan awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji f dan N-Gain. Populasi terdiri dari 41 orang siswa kelas X Akuntansi Dasar dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.77, dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.66 pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Learning dan Snowball Throwing, Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject odel Pembelajaran Quantum Learning dan Snowball Throwing, Hasil Belajar. en_US
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Memahami Siklus Akuntansi di Kelas X Akuntansi Dasar SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account