Unigal Repository

PENGARUH METODE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican)

Show simple item record

dc.contributor.author Desiana, Lia
dc.contributor.author Patonah, Rita
dc.contributor.author Ilah
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:01:51Z
dc.date.available 2022-08-06T04:01:51Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1440
dc.description.abstract Lia Desiana (2107170028), “Pengaruh Metode Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican)”. Di bawah bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican yang salah satunya disebabkan karena kurangnya terobosan baru dalam penggunaan metode pembelajaran. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang penggunaan metode pembelajaran Circuit Learning pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Circuit Learning dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi, dan test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Circuit Learning dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). kata kunci: metode pembelajaran circuit learning, hasil belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject metode pembelajaran circuit learning, hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account