dc.description.abstract |
Intan Fathimatur Rohmah (2107170057) “Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teaching
(Tutor Sebaya) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Di SMK Komputama Majenang” penulisan
skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra.,M.Pd sebagai Pembimbing
I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II.
Rendahnya motivasi belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena
motivasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka
pendidik untuk mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya
motivasi belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan metode
pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan
dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Perbedaan motivasi belajar siswa
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada
mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang,
3) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen
dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK
Komputama Majenang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Quasy Eksperiment Design dengan menggunakan rumus N-Gain (skor posttest – skor
pretest) di bagi dengan (skor maksimum ideal – skor pretest), sedangkan untuk mengukur
perbedaan motivasi belajar peserta didik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan, maka dapat diketahui: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa
pada pengukuran awal (pretest) sebesar 48,21 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar
83,08 di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro
di SMK Komputama Majenang dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,68 dengan
kategori sedang, 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal
(pretest) sebesar 47,44 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 70,26 di kelas kontrol
pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama
Majenang dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,43 dengan kategori sedang, 3)
Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan
mikro di SMK Komputama Majenang berdasarkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel, yaitu
45,79 > 1,67 dengan taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 50.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya), Motivasi
Belajar |
en_US |