Unigal Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO DI SMK KOMPUTAMA MAJENANG (Studi Quasi Eksperimen Mendeskripsikan Akuntansi Kredit)

Show simple item record

dc.contributor.author Fathimatur Rohmah, Intan
dc.contributor.author Suwirta, Utti
dc.contributor.author Susanti, Yuyun
dc.date.accessioned 2022-08-06T03:19:28Z
dc.date.available 2022-08-06T03:19:28Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1427
dc.description.abstract Intan Fathimatur Rohmah (2107170057) “Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Di SMK Komputama Majenang” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra.,M.Pd sebagai Pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II. Rendahnya motivasi belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena motivasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik untuk mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya motivasi belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 3) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment Design dengan menggunakan rumus N-Gain (skor posttest – skor pretest) di bagi dengan (skor maksimum ideal – skor pretest), sedangkan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar peserta didik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) sebesar 48,21 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 83,08 di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,68 dengan kategori sedang, 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) sebesar 47,44 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 70,26 di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,43 dengan kategori sedang, 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang berdasarkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel, yaitu 45,79 > 1,67 dengan taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 50. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya), Motivasi Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya), Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO DI SMK KOMPUTAMA MAJENANG (Studi Quasi Eksperimen Mendeskripsikan Akuntansi Kredit) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account