Abstract:
Imas Siti Masitoh (2107160086) “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Ciamis”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Dedeh, S.Pd., M.Pd. sebagai Pembimbing I dan Hj. Utty Suwirta, Dra., M.Pd. sebagai Pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka guru dituntut untuk mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe card sort. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest)? ; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest)? dan 3) Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest)? ; 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest)? dan 3) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest)?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Control Group Design dan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis data uji t dan N-Gain . Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut : 1)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest): 3)Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci : Strategi pembelajaran aktif tipe card sort, Hasil Belajar