Unigal Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS MA Nurul Huda Ngenol Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author LISKA
dc.date.accessioned 2022-08-05T05:08:52Z
dc.date.available 2022-08-05T05:08:52Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1403
dc.description.abstract Liska (2021). “Penerapan Model Pembelaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Sudi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS MA Nurul Huda Ngenol Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya)” dibawah bimbingan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs. M.Pd., selaku pembimbing I dan Ibu Rini Agustin Eka Yanti S.Pd. M.Pd., selaku pembimbing II. Masih adanya siswa yang belum maksimal mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan salah satu masalah dalam penelitian ini, karena nilai atau hasil merupakan tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran, maka dalam hal ini guru dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai model pembelajaran, guru harus pandai memilih dan menggunakan model pembelajaran dalam penyampaian materi ajar kepada siswa, sesuai dengan tujuan dari penelitian ini : 1)Untuk mengetahi perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving pada Pengukuran awal dan akhir di kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan akhir di kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan uji N-Gain. Populasi terdiri dari 44 orang siswa kelas XI IPS dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurul Huda Ngenol berkategori sangat baik. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Solving, Berpikir Kritis. en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS MA Nurul Huda Ngenol Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account