dc.description.abstract |
Liska (2021). “Penerapan Model Pembelaran Problem Solving Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Sudi Eksperimen Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam
Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS MA Nurul Huda Ngenol Kecamatan
Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya)” dibawah bimbingan Bapak H. Ahyo
Ruhyanto, Drs. M.Pd., selaku pembimbing I dan Ibu Rini Agustin Eka Yanti S.Pd.
M.Pd., selaku pembimbing II.
Masih adanya siswa yang belum maksimal mencapai nilai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan salah satu masalah dalam penelitian ini,
karena nilai atau hasil merupakan tolak ukur keberhasilan dalam proses
pembelajaran, maka dalam hal ini guru dituntut untuk mampu mengembangkan
berbagai model pembelajaran, guru harus pandai memilih dan menggunakan
model pembelajaran dalam penyampaian materi ajar kepada siswa, sesuai dengan
tujuan dari penelitian ini : 1)Untuk mengetahi perbedaan kemampuan berpikir
kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving pada
Pengukuran awal dan akhir di kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui perbedaan
kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada pengukuran awal dan akhir di kelas kontrol. 3) Untuk
mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan
model pembelajaran problem solving dengan yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Experimen Design Nonequivalent Control Group Design.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui observasi, dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment
kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas,
dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan uji N-Gain.
Populasi terdiri dari 44 orang siswa kelas XI IPS dan semuanya digunakan
sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model
pembelajaran problem solving dengan yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada pengukuran akhir. Penerapan model pembelajaran problem
solving pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurul Huda Ngenol berkategori
sangat baik. |
en_US |