Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen Pada Kelas X IPS SMA Negeri 2 Ciamis )

Show simple item record

dc.contributor.author Rizqianna, Fajar
dc.date.accessioned 2022-08-05T04:50:48Z
dc.date.available 2022-08-05T04:50:48Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1402
dc.description.abstract Fajar Rizqianna (2107160091) “Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi” (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Ciamis)” penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Rizka Andhika Putra, S.Pd., M.M. Kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik menjadi kurang aktif hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran yang tepat di gunakan oleh pendidik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1.) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir ( posttest) di kelas eksperimen. 2.) erbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir ( posttest) di kelas kontrol. 3.) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta dididk adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan rumus N-Gain = (skor posttest – skor pretest) dibagi dengan (skor maksimum – skor pretest), sedangkan untuk mrngukur perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pengukuran awal (pretest) sebesar 38,33 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 83,33 dengan rata-rata N-Gain bernilai 0,72 dengan kategori tinggi. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) sebesar 38,15 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 78,15 dengan rata-rata N-Gain bernilai 0,68 dengan kategori sedang. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada pengukuran akhir (posttest) berdasarkan uji t-test diperoleh thitung > t_tabel , yaitu 1,69 > ttabel 1,67 dengan taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 68. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Active knowlwdge Sharing. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Hasil Belajar, Model Pembelajaran Active knowlwdge Sharing. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen Pada Kelas X IPS SMA Negeri 2 Ciamis ) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account