Unigal Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author MARYANI, LINA
dc.date.accessioned 2022-08-05T04:13:53Z
dc.date.available 2022-08-05T04:13:53Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1398
dc.description.abstract LINA MARYANI. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika hampir tidak nampak, para siswa jarang sekali mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide pengerjaannya. Berdasarkan gejala- gejala tersebut, maka strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan oleh guru adalah strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri sehingga siswa lebih mudah untuk mengkomunikasikan ide- idenya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Putera Pangandaran yang terdiri dari 7 kelas yaitu sebanyak 237 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X AK 1 dan kelas X AK 2. Analisis data yang digunakan adalah N-Gain ternormalisasi dengan taraf signifikansi 0,05%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lebih baik pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Think Talk Write, Komunikasi Matematis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Think Talk Write, Komunikasi Matematis en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account