Unigal Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Show simple item record

dc.contributor.author SITI SA’ADAH, IMAS
dc.date.accessioned 2022-08-05T03:57:02Z
dc.date.available 2022-08-05T03:57:02Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1394
dc.description.abstract IMAS SITI SA’ADAH. (2118160019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Ciamis sebanyak enam orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu 1). Klarifikasi dasar (Elementary clarification) ; 2). Membangun keterampilan (Basic clarification) ; 3). Klarifikasi lebih lanjut (Advanced clarification) ; 4). Mengatur strategi dan teknik (Strategies and tactiecs) ; 5). Menyimpulkan (Inference). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hampir semua siswa dapat mengklarifikasi dasar. 2) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis sedang dan tinggi cenderung dapat membangun keterampilan dengan baik dan benar, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah cenderung belum mampu membangun keterampilan. 3) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi cenderung dapat mengklarifikasi lebih lanjut dengan baik, siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah belum bisa mengklarifikasi lebih lanjut dengan lengkap, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah belum bisa mengklairifikasi lebih lanjut. 4) Hanya sebagian siswa yang bisa mengatur strategi dan teknik. 5) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dan sedang cenderung dapat menyimpulkan jawaban dari setiap soal dan sub soal yang diperintahkan, siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah belum bisa menyimpulkan. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account