dc.description.abstract |
v
STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS SISWA SMA PLUS DARUSSALAM
PADA PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Alwy Sidqi Nabawi1), Endang Hardi2), Romdah Romansyah2)
1)Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Galuh Ciamis
2)Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Bilogi FKIP Universitas Galuh Ciamis
Email: drsendangh@gmail.com
ABSTRAK
Permasalahan pendidikan yang mencuat saat ini, meliputi pemerataan kesempatan
memperoleh pendidikan, peningkatan mutu atau kualitas, relevansi dan efisiensi
pendidikan. Terlebih lagi pada pembelajaran daring yang mendorong pendidik
maupun peserta didiknya untuk menguasai berbagai sarana penunjang
pembelajaran jarak jauh yang semakin berkembang. Pemanfaatan bahan ajar yang
dikemas dalam bentuk media berbasis Information and Comunication Technology
(ITC) dapat membentuk generasi e-learning yang kompeten dan meningkatkan
mutu pendidikan di Indonesia. Berangkat dari tidak adanya inovasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran biologi khususnya pada pokok bahasan Sistem Gerak
pada Manusia menjadikan siswa memiliki kreativitas yang terbatas. Oleh sebab itu
peneliti mencoba mengkombinasikan pembelajaran dengan kemajuan teknologi
informasi melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menunjukkan proses belajar mengajar modern dalam
konteks pembelajaran online, yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan
kreativitas siswa kelas XI SMA Plus Darussalam. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu melalui observasi, angket dan tinjauan pustaka (library
research). Adapun untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif
kualitatif, yaitu pengumpulan data hasil observasi. Peneliti juga menggunakan
data sekunder dari jurnal nasional serta buku cetak dan online.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, media TIK, Kreativitas Siswa, E-learning,
Teknologi. |
en_US |