Abstract:
Sri Ratna Febrianti. 2020. Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif
Siswa Kelas X MAN 3 Ciamis dengan Sub Materi Limbah dan Daur
Ulang Limbah. Pembimbing I Hj. Nur Ilmiyati, Dra.MM.M.Pd dan
Pembimbing II Yoyon Sutresna, Drs.,M.Kes.
Penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa” bertujuan
untuk menganalisis pengaruh hasil belajar kognitif siswa. Sampel yang
digunakan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik purpose sampling. Desain penelitian yang
digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan
analisis data yang dilakukan terhadap hasil belajar kognitif diperoleh rata-
rata N-gain sebesar 77. Hasil analisis menunjukkan Model Project Based
Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini
ditunjukkan melalui hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan
uji z bahwa di dapatkan hasil Zhitung Ztabel yaitu 2,79 > 2,33, maka
hipotesis diterima atau dapat berpengaruh. yang artinya penerapan
Model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar
kognitif siswa pada materi Limbah dan Daur Ulang Limbah. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Limbah dan
Daur Ulang Limbah siswa MAN 3 Ciamis.
Kata kunci: Model Project Based Learning, Hasil belajar kognitif siswa