Unigal Repository

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SITUASI PANDEMI COVID-19 (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP AL MUTTAQIN TASIKMALAYA) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Padaherang Tahun Pelajaran 2019/2020)

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky Maulana, Reza
dc.contributor.author Rizky Maulana, Reza
dc.date.accessioned 2022-08-04T04:24:52Z
dc.date.available 2022-08-04T04:24:52Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1361
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, disebabkan karena model yang diterapkan guru masih konvensional kurangnya motivasi siswa. Rumusah masalah yang diajukan adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis teks puisi dengan model kooperatif tipe kepala bernomor (NHT)? Bagaimana langkah-langkah pelaksaan pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan menggunakan model kooperatif tipe kepala bernomor (NHT)? Bagaimana perubahan kemampuan siswa dalam menulis teks puisi dengan menggunakan model kooperatif tipe kepala bernomor (NHT). Langkah-langkah pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan model Numbered Head Together adalah Kegiatan Awal (1) Siswa diberi apresiasi yang berkaitan dengan materi (2) Siswa diberikan penjelasan tujuan pembelajaran (3) Siswa dimotivasi pada pembelajaran yang akan dipelajari (4) Siswa diberikan soal pretest. (5.) Siswa mengidentifikasi teks puisi sebagai tes awal atau pretest. (6.) Siswa mengumpulkan hasil kerjanya. Kegiatan Inti. Mengamati. (1) Guru memberikan video pembelajaran Puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi Djoko Damono menggunakan fitur Share Screen. Kegiatan ini dilakukan di rumah masing - masing melalui media Zoom Meeting. (2) Peserta didik mengamati video puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi Djoko Damono. (2) Peserta didik mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi. Menanya (1) Peserta didik bertanya jawab mengenai unsur-unsur pembangun dalam teks puisi. (2) Peserta didik menanyakan Majas & Irama, Penggunaan Kata-kata Konotasi, Kata kata Berlambang, dan Pengimajinasian dalam Puisi (3) Guru memberikan respon/umpan balik tentang hal yang belum dipahami peserta didik dalam menulis teks puisi dengan menggunakan model Numbered-Head Together (NHT). (4) Peserta didik memberikan respon/umpan balik tentang hal yang belum terulas dan belum dipahami. (5) Guru menjawab pertanyaan peserta didik dengan jelas dan benar. Mengeksplorasi (1) Peserta didik mencari unsur pembangun teks puisi (2) Peserta didik menulis hasil kerja kelompok mengenai unsur pembangun teks puisi. Menalar (1) Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok yang sudah diberi nomor (2) Guru memberi tugas/pertanyaan mengenai unsur pembangun teks puisi pada masing-masing kelompok untuk mengerjakannya. (3) Setiap kelompok mulai berdiskusi untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dan memastikan semua anggota kelompok mengetahui jawaban tersebut. Mengkomunikasikan (1) Guru memangil salah satu nomor secara acak. (2) Peserta didik dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban dari hasil diskusi kelompok mereka (3) Peserta didik diberikan tugas menulis puisi bebas sesuai tema masing-masing dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Kegiatan Akhir (1) Guru menerima hasil kiriman tugas siswa dalam bentuk PDF, Doc, JPEG/JPG. (2) Guru bersama siswa membuat kesimpulan dan membahas soal latihan daring yang diberikan. (3) Membuat simpulan pelajaran. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa posttest. Kata Kunci: Menulis Teks Puisi. Model Numbered Head Together. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Bahasa Indonesia FKIP en_US
dc.subject Menulis Teks Puisi. Model Numbered Head Together. en_US
dc.subject Menulis Teks Puisi. Model Numbered Head Together. en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SITUASI PANDEMI COVID-19 (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP AL MUTTAQIN TASIKMALAYA) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Padaherang Tahun Pelajaran 2019/2020) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account