dc.description.abstract |
Judul Penelitian : “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI (Penelitian Tindakan Kelasa pada siswa kelas X BKP SMK Negeri 2 Ciamis)”
Kemampuan menulis puisi siswa masih belum optimal. Hal itu terbukti dengan masih adanya siswa yang belum mampu mencapai KKM. KKM mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Ciamis adalah 75. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media gambar fotografi dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X BKP SMK Negeri 2 Ciamis ?
2). Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas X BKP SMK Negeri 2 Ciamis setelah digunakan media gambar fotografi?. Langkah-langkah penggunaan media gambar fotografi dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi adalah sebagai berikut. Kegiatan awal diawali dengan kegiatan : siswa merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan kondisi siswa.. Mengkondisikan siswa untuk belajar dengan cara merapihkan tempat duduk siswa dibangku siswa masing-masing dan menyiapkan alat tulisnya. Guru menyampaikan tujuan, kompetensi yang akan dicapai dan langkah-langkah pembelajaran. Kegiatan inti terdiri dari tahapan kegiatan sebagai berikut. Mengamati. Kegiatan mengamati diawali dengan Guru memfasilitasi contoh puisi yang ditampilkan di power point, lalu siswa dibagi menjadi 7 kelompok belajar. Setiap kelompok mengamati contoh teks puisi yang ditampilkan di power point. Guru mengarahkan setiap anggota kelompok belajar untuk mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Guru menempelkan media gambar fotografi di papan tulis.dengan berdiskusi siswa mengamati media gambar fotografi sehingga objek yang muncul dapat mengembangkan gagasan untuk dijadikan bahan menulis puisi. Guru mengarahkan siswa memperhatikan pengarahan Guru tentang cara menulis puisi dan unsur-unsur pembentuk puisi. Menanya. Kegiatan menanya diawali dengan siswa bertanya jawab tentang unsur pembangun puisi. Siswa memberi komentar terhadap puisi yang ditempel dipapan tulis olej guru. Mengeksplorasi . Kegiatan mengeksplorasi diawali dengan siswa menerima lembar kerja yang dibereikan guru, secara individual siswa menulis puisi dari objek yang dikembangkan dengam memperhatikan tema, pilihan kata atau diksi, gaya bahasa, imaji dan struktur yang sesuai. Guru menyuruh siswa untuk membacakan puisi hasil karyanya didepan kelas. Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan siswa memfresentasikan hasil menulis puisi di depan kelas. Guru menilai hasil karya siswa, guru memberikan penghargaan terhadap keberhasilan siswa, guru memberikan perhargaan terhadap keberhasilan siswa, guru bersama siswa bertanya tentang media gambar fotografi yang belum diketahui siswa. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas. Kegiatan akhir dilaksanakan dengan guru dengan siswa membuat simpulan topik pembelajaran. Guru mengucapkan hamdalah atas pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru memberikatahukan topik pembahasan selanjutnya kepada siswa dan tutup. Terapat peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar fotografi. Pembelajaran sebelum digunakan media gambar diperoleh hasil belajar dengan rata-rata nilai 66,1. hasil belajar siswa menulis puisi setelah menggunakan media gambar fotografi pada siklus 1 mencapai nilai 74,26. Selanjutnya pada siklus 2 mencapai 85,90. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 9.09.
Kata Kunci : Media Gambar Fotografi, Menulis, Puisi |
en_US |