Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh
perkembangan akan teknologi yang semakin berkembang dan penggunaan internet
yang begitu luas sejalan dengan perkembangan tehnologi yang semakin canggih
membuat pergeseran perilaku konsumen pada proses jual beli yang tadinya dari
pembelian offline shop menjadi pembelian melalui online shop, alasan dari
pergeseran tersebut didadarkan pada kemudahan yang ditawarkan oleh online
shop.namun calon konsumen menghadapi berbagai resiko seperti : 1.ketidak sesuaian
produk 2. Rusaknya barang yang diterima 3. Kesalahan dalam pengemasan .Beda
halnya dengan pembelian offline karena dengan pembelian online calon konsumen
tidak dapat melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Adapun tujuan
penelitian ini adalah 1.]Untuk mengetahui pengaruh online customer riview terhadap
minat beli pada marketplace shoope. 2.] Untuk mengetahui pengaruh ekspektasi
konsumen terhadap minat beli pada marketplace shopee. 3.] Untuk mengetahui
pengaruh online customer riview dan ekspektasi konsumen terhadap minat beli pada
marketplace shoope Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif
dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t,
analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda, koefisien
determinasi, uji f..Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa
online customer riview berpengaruh sebesar 21,90% terhadap minat beli ;ekspektasi
konsumen berpengaruh sebesar 4,75% terhadap minat beli; online customer riview
dan ekspetasi konsumen berpengaruh sebesar 21,81% terhadap minat beli.