Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada market orientation dan networking terhadap
keunggulan bersaing (Studi Pada UMKM Keripik yang Terdaftar di Dinas
Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana
pengaruh market orientation terhadap keunggulan bersaing pada UMKM
Keripik Ciamis (2) bagaimana pengaruh networking terhadap keunggulan
bersaing UMKM Keripik Ciamis (3) Bagaimana pengaruh market orientation
dan networking terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh market orientation
terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Keripik Ciamis. (2) Mengetahui
pengaruh networking terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis
(3) Mengetahui pengaruh pengaruh market orientation dan networking
terhadap keunggulan bersaing UMKM KeripikCiamis. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode survey eksplanatory dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Deskriptif dan Asosiatif meliputi Analisis Koefesien Korelasi
Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, , Analisis Regresi Berganda,
Analisis Koefesien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi
(Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa
market orientation dan networking berpengaruh positif terhadap keunggulan
bersaing UMKM Keripik Ciamis dengan besarnya pengaruh 56,5% dan sisanya
43,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan pelaku UMKM Keripik yang
terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten
Ciamis lebih memperhatikan harga bersaing dimana menyesuaikan dengan
kemampuan konsumen misalnya dengan cara menetapkan tingkatan harga sesuai
dengan kemasan sehingga konsumen dapat membeli produk sesuai
kemampuannya, dan UMKM menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan
dengan pesaing.