Abstract:
Penelitian ini dilatarberlakangi oleh Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: 1) Bagaimana pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian
pada konsumen Twins Store Ciamis? 2) Bagaimana pengaruh word of mouth
terhadap keputusan pembelian pada konsumen Twins Store Ciamis? 3)
Bagaimana pengaruh direct marketing dan word of mouth terhadap keputusan
pembelian pada konsumen Twins Store Ciamis?Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh direct marketing terhadap keputusan
pembelian konsumen Twins Store Ciamis. 2) Pengaruh word of mouth terhadap
keputusan pembelian konsumen Twins Store Ciamis. 3) Pengaruh direct
marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen Twins
Store Ciamis
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 778 orang dan sampel dalam
penelitian ini diambil yaitu sebanyak 89 orang. Sedangkan untuk menganalisis
data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Koefisien
Determinasi, Regresi Linear Berganda, Koefisien Korelasi Berganda dan Uji
Hipotesis menggunakan Uji Signifikasi (Uji t dan Uji F). Berdasarkan perhitungan
koefisien korelasi berganda, menunjukkan bahwa pengaruh direct marketing dan
word of mouth terhadapkeputusan pembelian sebesar 0,74. Hal ini menunjukkan
bahwa terjadi korelasi positif antara pengaruh antara direct marketing dan word of
mouth terhadap keputusan pembelian, dan korelasinya yang kuat. Sementara itu
dari Uji f diketahui F hitung 53,68 nilai F hitung tersebut kemudian dibandingkan
dengan F tabel. Adapun nilai F tabel dihitung dari dk pembilang = 2 (sebab
terdapat dua variabel X). Kemudian di penyebutnya adalah n-2-1= 89-2-1=86 jadi
nilai F tabel adalah 3,10 . Sehingga dapat dijelaskan bahwa H3 yaitu : F hitung
53,68 > F tabel 3,10 maka H3 diterima, artinya terdapat pengaruh direct
marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Diharapkan Twins
Store Ciamis meningkatkan direct marketing dan word of mouth terhadap
keputusan pembelian.