Abstract:
Kota Surabaya merupakan salah satu wilayah yang menerapkan e-service dan memiliki beberapa
permasalahan khususnya pada kurangnya pemahaman masyarakat dalam menggunakan layanan
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui website Surabaya Single Window yang ramah
pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Surabaya
Single Window. Sumber data diperoleh melalui data primer yakni artikel, buku, berita media masa, dan
data pada website Surabaya Single Window. Analisis data menggunakan model E-Govqual yang terdiri
atas usability, information quality, security, dan responsiveness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
website Surabaya Single Window sudah terintegrasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)
Kota Surabaya dan memiliki akses keterbukaan atau transparansi yang dilihat dari akses publik. Akan
tetapi website tersebut belum memiliki fitur keamanan yang baik untuk melindungi data dan privasi
pribadi serta perizinan yang belum tertata dengan baik hanya menampilkan prosedurnya saja.