Unigal Repository

E-MARKETPLACE SENTRA KERAJINAN PANDAI BESI TAHUNAN (Studi Kasus Sentra Kerajinan Pandai Besi Tahunan Desa Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah)

Show simple item record

dc.contributor.author Fardiansha, Ricky
dc.contributor.author Listyorini, Tri
dc.contributor.author Supriyati, Endang
dc.date.accessioned 2022-04-25T07:33:49Z
dc.date.available 2022-04-25T07:33:49Z
dc.date.issued 2022-02-09
dc.identifier.isbn 978-623-5359-05-2
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1193
dc.description.abstract Perkembangan teknologi yang semakin pesat merupakan sebuah potensi untuk mendorong pemberdayaan masyarakat desa. Salah satu desa di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, yakni Desa Putatsari masuk dalam administrasi Kecamatan Grobogan merupakan daerah sentra kerajinan Pandai besi dengan sebagian besar masyarakatnya adalah seorang empu( pengrajin pandai besi).Akan tetapi, Pemasaran produk dari sentra kerajinan pandai besi tahunan saat ini masih dilakukan secara tradisional dengan sistem pengepul. Hal tersebut mendorong penulis untuk melalukan penelitian dengan dasar pemberdayaan masyarakat desa Putatsari yang memiliki potensi pandai besi untuk bisa memasarkan produk mereka secara online, dengan platform khusus yang berfokus pada produk hasil tempaan para empu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan UMKM Kerajinan Pandai Besi untuk terus berkembang dan mengikuti pembaharuan teknologi khususnya bidang pemasaran. Proses pengumpulan data penulis lakukan dengan metode studi literatur serta melakukan metode wawancara terhadap para pengrajin pandai besi yang berada di Tahunan Grobogan. Pengembangan sistem mengacu pada metode Rapid Application Development (RAD) dengan metode tersebut peneliti dengan subjek saling memberikan tanggapan sehingga proses desain sistem serta perbaikan masalah dilakukan saat itu juga sehingga mempercepat pose pengembangan E-marketplace ini. E-marketplace ini berbasis website sehingga dapat diakses melalui internet oleh banyak pelanggan dengan berbagai lokasi yang berbeda dalam satu waktu. Pengelolaan penjualan dapat dikelola oleh banyak pihak dengan membuat toko untuk berjualan. Adanya E-marketplace ini harapannya dapat menjadi menjadi tempat jual besi produk pandai besi yang bernuansa modern serta memberdayakan para pengrajin dan pelaku usaha pandai besi agar berjalan lebih efektif dan efisien serta memberikan informasi lebih cepat kepada pelanggan. en_US
dc.publisher PT. INDONESIA EMAS GROUP en_US
dc.subject Pemberdayaan en_US
dc.subject Pandai Besi en_US
dc.subject E-marketplace en_US
dc.subject Rapid Application Development en_US
dc.subject Website en_US
dc.title E-MARKETPLACE SENTRA KERAJINAN PANDAI BESI TAHUNAN (Studi Kasus Sentra Kerajinan Pandai Besi Tahunan Desa Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account