Abstract:
Memberikan pelayanan publik yang berkualitas merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah desa
sebagai penyedia layanan untuk masyarakat sebagai penerima layanan, oleh karena itu peningkatan
pelayanan harus tetap diupayakan tidak terkecuali di era pandemi yang menuntut pelayanan untuk
bertransformasi ke ara digitalisasi. Namun di Desa Mangkubumi dalam hal pelayanan publik belum
dapat memaksimalkan teknologi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Desa Mangkubumi
Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan juga
studi kepustakaan. Hasil yang didapat setelah melakukan penelitian yaitu kualitas pelayanan publik yang
dilakukan sudah cukup baik seperti adanya sarana dan prasarana, kehandalan, ketanggapan, jaminan
serta empati yang diberikan oleh para aparatur desa, namun untuk pemanfaatan dan pengembangan
teknologi Desa Mangkubumi belum optimal dikarenakan aplikasi SIDEMIT sebagai aplilkasi pelayanan
surat administrasi keterangan yang diperlukan warga belum dapat digunakan sepenuhnya dikarenakan
masih dalam tahap penyempurnaan.