Unigal Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN BERBASIS ONLINE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJAR

Show simple item record

dc.contributor.author Retnowati, Dwi
dc.contributor.author Aditiyawarman
dc.contributor.author Nursetiawan, Irfan
dc.date.accessioned 2022-04-16T07:23:49Z
dc.date.available 2022-04-16T07:23:49Z
dc.date.issued 2022-03-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1128
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan efektivitas pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar, karena terdapat beberapa permasalahan yakni, kurangnya sosialisasi dari pihak pemerintah kepada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya program inovasi pelayanan online di Disdukcapil Kota Banjar. Hal ini ditandai oleh masih banyak nya masyarakat yang mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana efektivitas pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem informasi pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan Disdukcapil Kota banjar dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan sistem informasi pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan berbasis online atau daring di Disdukcapil Kota Banjar, dan untuk untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Disdukcapil Kota banjar dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam pelayanan berbasis online atau daring di Disdukcapil Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan dokumentasi).Hasil penelitian menunjukan sumber daya manusia yang ada Disdukcapil Kota Banjar sudah kompeten dalam bidangnya masing-masing dan berupaya memberikan pelayanan yang cepat tanggap kepada masyarakat ,namun ada beberapa pegawai yang belum menguasai atau mengerti tentang pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar, unsur sumber daya non manusia atau sarana prasarana yang ada di Disdukcapil Kota Banjar sudah memadai dan seluruh peralatan dapat beroperasi dengan baik dan untuk asil yang dicapai dalam pelayanan online tidak dapat ditentukan batasan waktunya ,karena dalam pelayanan onlineDisdukcapil Kota Banjar tetap memprioritaskan urutan dokumen sesuai waktu masuknya dokumen untuk diproses oleh Disdukcapil Kota Banjar . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamasih belum efektivnya pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota Banjar karena masih adanya masyarakat yang tidak memanfaatkan pelayanan online tersebut dan masih banyak masyarakat yang mendatangi langsung Kantor Disdukcapil Kota Banjar untuk mengurus keperluannya en_US
dc.publisher FISIP Universitas Galuh en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 02;Nomor 01
dc.subject Efektivitas Pelayanan, Pelayanan Online, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar en_US
dc.title EFEKTIVITAS PELAYANAN BERBASIS ONLINE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account

Context