Unigal Repository

DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIGITAL GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA KAWALI KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS (Studi di Desa Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Putra, Aditya Subagyo
dc.contributor.author Alfiah, Siti
dc.contributor.author Supriadi, Dadi
dc.date.accessioned 2022-04-13T04:13:15Z
dc.date.available 2022-04-13T04:13:15Z
dc.date.issued 2022-02-09
dc.identifier.uri 978-623-5359-05-2
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1098
dc.description.abstract Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa efektifitas pelayanan publik (masyarakat) di kantor Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis belum berjalan secara optimal. Rendahnya efektifitas pelayanan disebabkan karena belum maksimalnya implementasi kebijakan tentang Digital Governance yang membatun mendorong efektifitas pelayanan masyarakat dan sumber daya manusiannya yang kurang menguasai teknologi informasi dan komunikasi, sehingga berakibat pada pelayanan yang diberikan menjadi kurang optimal dan cenderung lambat. Metode penelitian praktik lapangan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, yang meliputi : observasi dan wawancara atau interview. Adapun yang kami ajak wawancara atau interview adalah bapak Kasi Pemerintahan serta perangkat Desa Kawali yang lainnya. Dari hasil penelitian di kantor Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis diperoleh hasil sebagai berikut : 1). Implementasi kebijakan tentang digital governance oleh pegawai kantor desa kawali belum sepenuhnya dilaksanakan (belum optimal), 2). Efektifitas pelayanan masyarakat sedang diusahakan untuk lebih baik lagi dengan pembuatan / perpanjangan website untuk kantor Desa Kawali oleh mahasiswa praktik lapangan dari FISIP Universitas Galuh khususnya kelompok kami, 3). Terdapat dampak positif antara implementasi kebijakan Digital Governance terhadap efektifitas pelayanan publik di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta berjalan dengan baik maka perlu mengoptimalkan implementasi kebijakan tentang Digital Governance yang ditunjang oleh sumber daya manusia yang profesional dan mumpuni. en_US
dc.publisher PT. INDONESIA EMAS GROUP en_US
dc.subject Implementasi Kebijakan en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject Digital Governance en_US
dc.title DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIGITAL GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA KAWALI KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS (Studi di Desa Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account