Abstract:
Pandemi Covid-19 merupakan suatu pandemi yang terjadi di seluruh dunia yang telah menghancurkan
stabilitas ekonomi di berbagai negara termasuk negara Indonesia. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) dipaksa untuk terus bertahan menghadapi segala bentuk tantangan, seperti
menurunnya daya beli masyarakat yang mengakibatkan bangkrutnya atau tutup beroperasi UMKM
tersebut karena kondisi yang sangat tidak stabil. Digital marketing membantu perusahaan atau pelaku
usaha dalam mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa mereka dan mampu memperluas pasar
baru yang sebelumnya tertutup atau terbatas karena adanya keterbatasan waktu, jarak dan cara
berkomunikasi. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang
bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Serta metode yang
dilakukan dalam kegiatan praktek ini yaitu dengan cara melakukan pendampingan. Tahap awal dalam
kegiatan praktek dilakukan dengan cara pendahuluan, yaitu melakukan proses partisipatif yang dimulai
dengan metode pendekatan untuk membangun keterbukaan, dukungan dan keterlibatan masyarakat. Hasil
dari dialog bersama UMKM produksi tahu ini menghasilkan banyak informasi terkait proses pembuatan
produk dari saat masih menjadi bahan mentah sampai pada proses siap untuk diperjual belikan.