Unigal Repository

ANALISIS KINERJA PERANGKAT DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA BABAKAN KECAMATAN PANGNDARAN KABUPATEN PANGANDARAN

Show simple item record

dc.contributor.author Awaliyah, Robiatul
dc.contributor.author Suparman, Agus Nurulsyam
dc.contributor.author Garvera, R.Rindu
dc.date.accessioned 2022-04-12T16:44:45Z
dc.date.available 2022-04-12T16:44:45Z
dc.date.issued 2022-03-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1092
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh target penyelesaian pekerjaan yang dikerjakan perangkat desa belum mencapai target yang telah ditentukan. Pekerjaan masih banyak terjadi kesalahan disebabkan oleh masih ada perangkat desa yang tidak bisa mengoperasikan komputer. Perangkat desa dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi masih banyak yang tidak terlaksana dengan baik dan konsisten sesuai ketentuan. Misalnya dalam administrasi penduduk : 1) Pelayanan pembuatan surat pengantar Kartu Tanda Penduduk (KTP), 2) Pelayanan pembuatan surat pengantar Kartu Keluarga (KK), 3) Pengantar surat nikah, 4) Pengantar akte kelahiran, 5) Pengantar surat pindah, 6) surat izin usaha. Pelaksanaan melalui proses yang lama dan Perangkat desa kurang mampu bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Kinerja Perangkat Desa dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran berdasarkan penelitian secara umum dapat dikatakan secara keseluruhan sudah dilaksanakan tetapi masih belum optimal. 2) Hambatan-hambatan Kinerja Perangkat Desa dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran berdasarkan penelitian adalahmasih ada Perangkat desa yang kurang memahami suatu pekerjaan tertentu, terkendala faktor cuaca dan kondisi dan situasi mendadak yang tidak terduga, ada masyarakat yang kurang memahami prosedur dan ketentuan yang seharusnya, masih ada perangkat desa yang tidak bisa mengoperasikan komputer dengan baik, masih ada perangkat desa yang belum mahir menggunakan fasilitas yang tersedia, masih ada perangkat desa yang tidak tepat waktu datang ke kantor dan pulang tidak sesuai jam kerja, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai prosedur dan ketentuan yang ada di desa sehingga tidak sepenuhnya menyalahkan ke desa. 3) Upaya-Upaya yang Dilakukan Guna Mengatasi Hambatan Kinerja Perangkat Desa dalam Memberikan Pelayanan Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran adalah mengadakan pembinaan, pelatihan baik dari pemerintah desa ,dinas, kecamatan dan kabupaten untuk memberikan pemahaman ilmu mengenai tugas pokok dan fungsi perangkat desa dalam melaksanakan pekerjaan, mengingatkan, memberikan pengetahuan dan mengkroscek pekerjaan yang belum dilaksanakan, evaluasi setiap minggu oleh kepala desa terkait setiap pekerjaan, pembinaan setiap minggu, memusyawarahkan kembali dan melakukan pembinaan dari kepala desa, dengan cara mengikuti pelatihan komputer, selalu mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku baik yang tertulis maupun tidak tertulis. dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai prosedur pelayanan yang dibutuhkan dan mengedepankan pelayanan sesuai urutan. en_US
dc.publisher FISIP Universitas Galuh en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 02;Nomor 01
dc.subject Kinerja, Perangkat Desa, Pelayanan en_US
dc.title ANALISIS KINERJA PERANGKAT DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA BABAKAN KECAMATAN PANGNDARAN KABUPATEN PANGANDARAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account

Context