Abstract:
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengenalkan kepada khalayak ramai
mengenai Pemberdayaan UMKM melalui Digitalisasi Produk di Desa Kepel Kecamatan Cisaga
Kabupaten Ciamis. Adanya digitalisasi UMKM ini bukan hanya memberikan peluang, namun juga
memberikan tantangan bagi para UMKM karena tingkat persaingannya sangat ketat. Sehingga hal ini
mengharuskan bagi para UMKM untuk berinovasi dan mencari strategi penjualan agar mampu menarik
minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
pendekatan langsung kepada masyarakat melalui kegiatan praktek pemerintahan. Teknis analisis data
yang dilakukan oleh penulis yaitu teknis analisis menurut Miles dan Huberman yanng terdiri dari:
Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajjian data dan Penarikan kesimpulan. Dalam upaya
pengembangan digitalisasi produk Kemenkop UKM memiliki strategi yaitu: Pertama, peningkatan
sumber daya manusia. Kedua, mengintervensi perbaikan proses bisnis pelaku UMKM melalui literasi
keuangan. Ketiga, adalah perluasan akses pasar. Keempat adalah mengglorifikasi pahlawan lokal pelaku
UMKM.