Abstract:
Fenomena pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tidak hanya menyebabkan penyerang kesehatan
namun juga menyerang sisi perekonomian negara. UMKM sebagai sektor Usaha Mikro Kecil dan
Menengah mengalami dampak terparah yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Sehingga, penelitian
ini ditujukan untuk melihat sejauh mana perkembangan pandemi Covid-19 serta bagaimana dampaknya
terhadap perekonomian di Indonesia khususnya bagi UMKM. Mengingat bahwa UMKM merupakan
penopang perekonomian Indonesia lebih dari 90 persen. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan
gambaran solusi strategi e-marketing sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi UMKM.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik studi literatur dengan hasil bahwa pandemi Covid-19
berdampak terhadap penurunan pertumbuhan perekonomian di Indonesia (minus). Banyak pelaku
UMKM yang harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh
pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menstimulus
UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Berbagai strategi dilakukan salah satunya
yaitu strategi e-marketing melalui sosial media dan e-commerce. Strategi e-marketing dinilai dapat
membantu UMKM dalam kegiatan pemasaran dan memperluas pasar di tengah pandemi Covid-19.