Abstract:
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengenalkan kepada khalayak ramai
mengenai Kesiapan Digitalisasi Produk UMKM Pengolahan Kerupuk Sangrai di Desa Sukaresik
Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Adanya digitalisasi UMKM ini bukan hanya memberikan
peluang, namun juga memberikan tantangan bagi para UMKM karena tingkat persaingannya sangat
ketat. Sehingga hal ini mengharuskan bagi para UMKM untuk berinovasi dan mencari strategi penjualan
agar mampu menarik minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan langsung kepada masyarakat melalui kegiatan praktek
pemerintahan. Teknis analisis data yang dilakukan oleh penulis yaitu teknis analisis menurut Miles dan
Huberman yanng terdiri dari: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajjian data dan Penarikan
kesimpulan. Dalam upaya pengembangan digitalisasi produk Kemenkop UKM memiliki strategi yaitu:
Pertama, peningkatan sumber daya manusia. Kedua, mengintervensi perbaikan proses bisnis pelaku
UMKM melalui literasi keuangan. Ketiga, adalah perluasan akses pasar. Keempat adalah
mengglorifikasi pahlawan lokal pelaku UMKM